Rabu, 07 April 2010

BERSAMA KITA BISA

Kebersamaan dan Gotong –royong itu harus kita lestarikan

Di zaman sekarang ini nilai – nilai luhur kehidupan di masyarakat yaitu musyawarah untuk mufakat, gotong royong, dan rasa kebersamaan itu makin lama makin memudar apalagi untuk kehidupan masyarakat di daerah perkotaan, padahal banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekitarnya baik itu masalah social, masalah ekonomi maupun masalah lingkungan, ditambah lagi beragamnya suku, mereka asik dengan urusan masing-masing.

Kelurahan Harapan Jaya merupakan salah satu kelurahan yang terletak di kecamatan Sukarame, mata pencaharian masyarakatnya bermacam-macam ada yang bertani, tukang, PNS, Wiraswasta, buruh, dagang dan lain-lain. Masyarakatnyapun meragam suku, ada Jawa, Sunda, Batak, Lampung, Palembang, Madura dan lain-lain.
Pada awalnya masyarakat Kelurahan Harapan Jaya kurang peduli dengan pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintah daerah, sehingga pembangunan-pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah, mereka kurang untuk menjaga dan merawat karena rasa memilikinya masih kurang.

Semenjak program PNPM perkotaan masuk mereka sedikit-demi sedikit mulai sadar akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungannya, mereka mulai belajar menggali permasalahan-permasalahan yang ada baik itu permasalahan social, ekonomi, maupun lingkungan dan menggali potensi-potensi yang dimiliki. Dan semua itu dirangkum dalam PJM Pronangkis. Mereka juga belajar bermusyawarah untuk memilih wakil-wakil mereka yang mereka anggap layak sesuai dengan criteria seorang pemimpin, yang akan duduk dalam suatu lembaga masyarakat yang mereka beri nama : “ LKM JAYA BERSAMA”
Setelah mendapatkan bantuan BLM, merekapun melelui musyawarah menentukan skala prioritas kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dalaksanakan dengan menggunakan dana BLM.
Masyarakat kelurahan Harapan Jaya dalam melaksanakan kegiatan terutama kegiatan lingkungan yang didanai oleh BLM PNPM, mereka melaksanakannya dengan cara semi gotong royong, bahkan ada kegiatan yang dilakukan dengan gotong royong penuh jadi mereka tidak menuntut upah, karena mereka sadar bahwa kegiatan yang mereka bangun itu adalah untuk kepentingan mereka juga. Dan akhirnya segala permasalahan yang ada di kelurahan Harapan Jaya sedikit demi sedikit dapat teratasi, itu semua berkat kebersamaan dan gotong-royong yang merupakan bagian dari nilai-nilai luhur kehidupan di masyarakat.

Mudah – mudahan semangat kebersamaan dan gotong – royong yang ada di masyarakat kelurahan Harapan Jaya dapat terjaga dan lestari. Amin…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar