Jumat, 02 April 2010

“Rumah Idaman” Impian pak Adung Jadi Kenyataan

Mimpi Pak adung untuk mempunyai rumah yang layak dapat terwujud berkat PNPM-MP.

Mimpi Pak Adung Warga Kelurahan Gedong Air, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, untuk mempunyai rumah yang layak huni tercapai sudah. Sekian lama Pak Adung memimpikan dapat membangun rumahnya yang sudah tidak layak lagi untuk dihuni, Tapi ia tak mampu untuk merealisasi kan impiannya sendiri.

Sebelumnya, Pak Adung tinggal di rumah geribik tua yang sudah terlihat rusak, atap rumah yang pada bocor, ukuran rumah 4 x 6 m, dengan istri dan 3 anak nya ditambah Saudara perempuannya yang tidak dapat melihat, Pak Adung sebagai kepala rumah tangga dalam kesehariannya sebagai buruh lepas sedang kan istrinya yang bernama Rosiana bekerja sebagai tukang cuci, penghasilannya hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan biaya sekolah ketiga anaknya, sehingga pak Adung tidak mampu untuk memperbaiki rumah tempat tinggalnya.


Pada tahun 2007 Kelurahan Gedong Air mendapatkan Program PNPM-MP dan untuk kegiatan lingkungannya dimasukkan Rehab Rumah Tidak Layak Huni, Pada Anggaran 2009 untuk BLM 4, warga RT 09 LKL I. mengusulkan Rehap Rumah Tidak Layak Huni Tempat pak Adung

Usulan Rehab Rumah Tidak Layak Huni itu pun dimasukan dalam Perencanaan Jangka Menengah Program Penanggulangan Kemiskinan (PJM Pronangkis) Renta 1. Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Makmur Sentosa dengan dibantu masyarakat kemudian merencanakan pembangunan Rumah 6 x6 m.

Total dana yang dikeluarkan sebesar Rp 16 juta. Dana ini berasal dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp 5 juta dan dana swadaya bantuan Warga setempat sebesar Rp 11 juta.

Pelaksanaan pembangunan rumah ini dilakukan Keluarga Pak Adung dan warga secara gotong royong ditambah pekerja dan tukang. bahu membahu. Seperti Bp Sukirman, Bp Caniago, Bp wawan, Bp Samiyono Mereka menyumbang Pasir, semen, Bp Agus menyumbang bata, Bp Parno menyumbang Daun Jendela, dan masih banyak sumbangan yang lainnya. Hasilnya, pembangunan rumah 6 x 6 m dapat terwujud.

Dengan terealisasinya pembangunan rumah tersebut, pak Adung dan keluarganya kini sudah bisa tinggal di rumah yang layak.

Kini pemeliharaan rumah tentu menjadi tanggung jawab pak Adung dan keluarga yang juga Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), yaitu KSM Makmur Sentosa.

“Saya sangat berterimakasih pada program PNPM-MP atas bantuannya sehingga impian saya dapat terwujud, semoga PNPM-MP tetap berjalan karna masih banyak yang seperti saya yang butuh bantuannya, Terimakasih sekali,” ujar pak Adung”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar