Jumat, 02 April 2010

Drainase BLM 1PNPM MPk yaitu kelurahan Labuhan Dalam pada KSM Karya Bakti

LATAR BELAKANG
Kelurahan Labuhan Dalam merupakan salah satu Kelurahan dari 11 kelurahan dampingan Tim 09 yang mendapat bantuan PNPM P2KP pada tahun 2007 sampai dengan sekarang. Kelurahan Labuhan dalam yang terdiri dari 2 Lingkungan 20 RT merupakan wilayah yang letaknya sebelah selatan pusat kota Bandar Lampung. Dengan masyarakat yang sebagian besar sebagai petani / penjual sayuran dan dsb. Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) untuk kelurahan Labuhan Dalam mendapat dana dari PNPM P2KP dan telah memanfaatkan dana dengan kegiatan tridaya yaitu Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. Keberadaan BKM Labuhan Dalam di kelurahan sudah berjalan tiga tahun lebih, tapi manfaatnya sudah terasa di masyarakat mulai dari PNPM P2KP dan Program Pemberdayaan Lingkungan. Hal ini dikarenakan proses pelaksanaan kegiatan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya melibatkan semua unsur di masyarakat maupun dari pihak pemerintah dalam hal ini diwakili Pihak kelurahan, kecamatan, dan BAPPEDA/PMK. .


ALASAN KSM KARYA BAKTI DIANGKAT SEBAGAI BEST PRACTICE
Alasan mendasar mengapa KSM karya bakti dingakat untuk Best Practice dikarenakan swadaya yang sangat tinggi sekali sehingga timbul kesadaran masarakat di RT 07 LK 1 untuk menjalankan program dari pemerintah mereka saling bahu-membahu dalam melaksanakan pekerjaan drainase P2KP/PNPM yang tidak lain untuk masyarakat itu sendiri dengan bermodalkan SDM yang cukup dan ingin bekerja dan bertanggung jawab, maka tercetuslah gagasan untuk membuat badan jalan lalu disabes


PELAKSANAAN KEGIATAN
Hasil pantauan TIM 09 selama ini segala kegiatan yang telah dilaksanakan terutama mengenai kegiatan Infrastruktur sangat tersentuh sekali melihat sangat antusiasnya masyarakat di RT 07 LK 1 dalam menjalankan program PNPM MPk.
Kesibukan Para KSM (panitia) boleh diakui jempol dan koordinasi antara KSM,UPL,LKM dan Fasilitator tidak sia-sia, sehingga penulis sangat terkesan sekali terutama di perkotaan masih tingginya swadaya masyarakat dan kesadaran untuk saling bantu antara sesamanya, walaupun Progres Khususnya diwilayah ini. Dan kordinasi eksternal yaitu dengan masyarakat sekitar juga terjalin dengan baik karena masyarakat sendiri yang merencanakan, melaksanakan sampai monitoring evaluasi kegiatan tersebut.

HASIL YANG DICAPAI
Beberapa output dari kegiatan dari KSM Karya Bakti yang dilaksanakan antara lain :
- Kegiatan pembukuan Cukup rapih (Administrasi) Maupun kegiatan Infrastuktur/Kegiatan Lingkungan terutama drainase yang tadinya mencapai 90 m, menjadi 130 M. dan volume pun bertambah apalagi adanya swadaya baik material maupun tenaga
- Terciptanya rasa kebersamaan dan warga untuk bekerjasama dalam menanggulangi persoalan kemiskinan yang dihadapinya khususnya dari Tridaya.

Dengan terlaksananya tugas pembuatan Drainase, Saya sebagai penulis berharap supaya kegiatan untuk BLM yang kedua khususnya di Kelurahan Labuhan Dalam sangat terbantu dan berharap, semakin banyak kegiatan-kegiatan yang bersifat positif sehingga masyarakat sebagai pelaku utama dalam mengatasi permasalahan-permasalahan disekitarnya. Dan dengan dukungan masyarakat untuk berswadaya bisa terlaksana karena adanya transparan lewat papan info atau papan proyek yang dipasang dalam setiap kegiatan.

KEBERLANJUTAN

Penulis berharap untuk kegiatan selanjutnya masyarakat khususnya di Kelurahan Labuhan Dalam sangat terbantu, dengan adanya bantuan dari PNPM Mpk, Namun ini semua adalah di anggap sebagai salah satu ibadah semoga apa yang menjadi niat yang baik pula. Tentunya harapan LKM CITRA MANDIRI Supaya menjadi LKM yang terbaik dari LKM seluruh Bandar Lampung, khususnya dikecamatan Tanjung seneng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar