Sabtu, 03 April 2010

Tugas seorang sekretaris dalam kegiatan PNPM yaitu kelurahan Labuhan Dalam pada LKM Citra mandiri

LATAR BELAKANG

Kelurahan Labuhan Dalam merupakan salah satu Kelurahan dari 11 kelurahan dampingan Tim 09 yang mendapat bantuan PNPM P2KP pada tahun 2007 sampai dengan sekarang. Kelurahan Labuhan dalam yang terdiri dari 2 Lingkungan 20 RT merupakan wilayah yang letaknya sebelah selatan pusat kota Bandar Lampung. Dengan masyarakat yang sebagian besar sebagai petani / penjual sayuran dan dsb. Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) untuk kelurahan Labuhan Dalam mendapat dana dari PNPM P2KP dan telah memanfaatkan dana dengan kegiatan tridaya yaitu Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. Keberadaan BKM Labuhan Dalam di kelurahan sudah berjalan tiga tahun lebih, tapi manfaatnya sudah terasa di masyarakat mulai dari PNPM P2KP dan Program Pemberdayaan Lingkungan. Hal ini dikarenakan proses pelaksanaan kegiatan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya melibatkan semua unsur di masyarakat maupun dari pihak pemerintah dalam hal ini diwakili Pihak kelurahan, kecamatan, dan BAPPEDA/PMK. Semua ini tidak terlepas dengan manajemen pembukuan, laporan, serta Akuntabilitas yang baik yang merupakan tugas peran serta seorang sekretaris di dalam Sebuah Lembaga Keswadayaan Masyarakat Citra Mandiri.

ALASAN MENJADI SEKRETARIS

Alasan mendasar mengapa Seorang Efendy Syam ingin menjadi Sekretaris, ialah ketika LKM butuh Sosok seorang yang dapat di andalkan dalam menangani segala macam urusan yang mengenai pembukuan serta pelaporan didalam manajemen LKM citra Mandiri itu sendiri maka berangkat dari hati yang iklas demi untuk kepentingan Program P2KP/PNPM yang tidak lain untuk masyarakat itu sendiri dengan bermodalkan SDM yang cukup dan inginbekerja dan bertanggung jawab, maka bapak Efendy Syam Siap untuk menjadi sekretaris didalam LKM Citra Mandiri.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Hasil pantauan TIM 09 selama ini segala kegiatan yang telah dilaksanakan terutama mengenai pelaporan tentang pembukuan yang di tangani oleh Bapak Efendy Syam cukup baik, bahkan diluar Forsi dari tugas seorang sekretarispun dilakukan oleh Bliau. Dengan Kesibukan para anggota LKM yang ketika Tim Faskel ingin ber koordinasi sangat kesulitan untuk bertemu maka kepada Bapak Efendy

Syam lah tempat untuk berkoordinasi. Beliau senan tiasa siap (On Time) kapan saja untuk diminta melaksanakan segala yang berkenaan dengan Progres PNPM.

HASIL YANG DICAPAI

Beberapa output dari kegiatan Sekretaris yang dilaksanakan antara lain :

- Segala kegiatan pembukuan Cukup rapih, penggunaan dana BOP Transparansi, sesuai dengan kebutuhan LKM.

- Dari hasil Audit dapat di akui akuntabilitasnya. Yaitu dengan menempelkan semua yang berbentuk laporan di papan pengumuman/info.

- Terciptanya rasa kebersamaan LKM dan warga untuk bekerjasama dalam menanggulangi persoalan kemiskinan yang dihadapinya khususnya dari Tridaya.

Dengan terlaksananya tugas sekretaris ini masyarakat sangat terbantu dan berharap, semakin banyak kegiatan-kegiatan yang menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dalam mengatasi permasalahan-permasalahan disekitarnya. Dan dengan dukungan masyarakat untuk berswadaya bisa terlaksana karena adanya transparan Sekretariatan lewat papan info atau papan proyek yang dipasang dalam setiap kegiatan.

KEBERLANJUTAN

Walau terkadang urusan keluarga agak terkesampingkan karena tugas yang memang sangat mebutuhkan seorang Efendy Syam didalam melakukan tanggung jawabnya terhadap LKM Citra Mandiri, Namun ini semua adalah di anggap sebagai salah satu ibadah semoga apa yang menjadi niat yang baik ini akan mendapatkan kebaikan pula. Tentunya harapan LKM Khususnya dan masyarakat pada umumnya Bapak Efendy Syam di BLM lanjutan ini dengan segala kepercayaan yang diberikan oleh LKM kembali untuk menjalankan tugas sebagai sekretaris kedepan siap untuk menjalankannya, apa yang telah baik maka akan bertambah baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar