Sabtu, 03 April 2010

POSKESKEL YANG DINANTI

Sehat merupakan kunci dari segalanya, dengan memiliki jiwa dan tubuh yang sehat, orang dapat melakukan dengan segala aktivitasnya dan dengan jiwa sehat dapat berfikir dengan sehat, dan sehat itu mahal maka dari itu kesehatan harus dijaga setelah memperbaiki raga dan jiwa yang sehat, kita melihat kembali untuk mendukung kesehatan, yaitu dengan melihat sarana dan prasarana lingkungan, apakah keadaan sekitar (infrastruktur) sudah sehat juga????. Kelurahan Rajabasa Raya merupakan bagian dari Kecamatan Rajabasa yang sebagian penduduknya berada di bawah garis kemiskinan, dan mereka masih membutuhkan uluran atau bantuan dari pemerintah baik dalam hal infrastruktur maupun kesehatan. Kesehatan dalam hal ini adalah biaya berobat murah untuk golongan masyarakat menengah kebawah. Pemerintah telah memberi bantuan untuk masyarakat menengah kebawah Kelurahan Rajabasa Raya dalam bidang kesehatan, yaitu salah satunya disediakannya sarana kesehatan yaitu Poskeskel yang terletak di komplek Perum Gelora Persada, Poskeskel yang selama ini telah berjalan masih menumpang atau meminjam Gedung/rumah masyarakat yang biasa digunakan masyarakat untuk kumpul atau tempat warga mengadakan rembug. Selama poskeskel ini berjalan, keberadaannya sangat membantu masyarakat yang tidak mampu. Terlihat masyarakat datang ke poskeskel untuk berobat murah. Poskeskel ini terdapat tenaga medis yang menolong masyarakat yaitu Bidan yang ditunjuk dari puskesmas/dinas kesehatan dan hadir seminggu tiga kali untuk memberi layanan kepada masyarakat.

Pembangunan Poskeskel 80%

Program Nasionl Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MPk) hadir di Kecamatan Rajabasa, Kelurahan Rajabasa Raya dari tahun 2008. PNPM-MPk merupakan salah satu program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, melalui program pemerintah ini, pemerintah berusaha untuk mewujudkan keinginan masyarakat yaitu salah satunya dengan membangunkan gedung poskeskel yang selama ini masih menumpang. Pertama kalinya gedung poskeskel dibangun oleh PNPM-MPk untuk kecamatan Rajabasa, kelurahan Rajabasa Raya.

Pembangunan Poskelkel 50% yang telah dinanti-nanti sekian lama

Pembangunan poskeskel ini dilaksanakan pada BLM 3 yang mana pada saat ini pembangunannya sedang berjalan, pelaksana pembangunan gedung poskeskel dilakukan oleh masyarakat Rajabasa Raya sendiri dengan dibentuknya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang bernama KSM Bina Sehat. Pelaksanaan pembangunan poskeskel tidak lepas dari pengawasan pendamping, dan KSM selalu berkoordinasi dengan pendamping untuk membangun poskeskel sesuai dengan rencana. Lokasi pembangunan poskeskel ini tidak jauh dari tempat/lokasi poskeskel yang lama, kira-kira 5 meter kearah barat tepatnya RT.15 LK.II. Pembangunan poskeskel ini dibangun diatas bidang tanah seluas 15 x 30 M2 dan merupakan tanah developer yang telah dialihkan ke pemerintah dan dihibahkan untuk fasilitas umum. Pembangunan poskeskel ini memakai dana BLM PNPM-MP Rp. 38.500.000,- swadaya Rp 3.835.000,- , total keseluruhan Rp. 42.335.000,-. pelaksanaan pekerjaan ini dilaksanakan pada pertengahan bulan pebruari 2010 dan pekerjaan pembangunan poskeskel saat ini memasuki 80%, pekerjaan pun dikebut dan direncanakan akhir maret ini telah selesai. Untuk mendukung percepatan pembangunan poskeskel, masyarakat pun turut andil atau memberikan batuan dalam bentuk tenaga, makanan, minuman. Pembangunan poskeskel ini direncanakan akan mengkombinasi dua program yang di Kota Bandar Lampung yaitu GEMMA TAPIS dan PNPM-MPk, bisa disebut juga kolaborasi 2 Program pengentasan kemiskinan. Mereka bersinergi, saling melengkapi satu dengan yang lain yaitu untuk pembangunan gedung poskeskel dilaksanakan oleh PNPM-MPk dan pengerjaan untuk halaman yang akan dipaving dan drainase akan dilakasanakan oleh GEMMA TAPIS-POKMAS. Apa yang direncanakan semoga dapat terlaksana dan layak mendapatkan applouse. Pelaksanaan pembangunan poskeskel ini dikebut atau dipercepat agar bisa mengikuti lomba poskeskel se-Bandar Lampung dan harapannya dapat memenangkan kembali, untuk poskeskel kelurahan Rajabasa Raya pernah beberapa kali memenangkan lomba poskeskel se-Bandar Lampung, harapan tidak hanya berhenti sampai disitu saja, dengan berdirinya gedung poskeskel yang sedikit agak luas semoga masyarakat bisa mendapatkan pertolongan pertama pada warga yang sangat membutuhkan terutama masyarakat yang kurang mampu, mengingat jarak puskesmas yang agak jauh dari kelurahan Rajabasa Raya dan semoga masyarakat juga dapat memanfaatkan gedung poskeskel ini dengan maksimal dengan fasilitas yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar